KEBUDAYAAN INDIA

19.49

Kebudayaan India sangat beragam seperti halnya di negara - negara lain. Berikut di bawah ini beberapa unsur - unsur budaya yang ada di India.
1). Tarian.
Tari klasik India adalah tarian klasik yang berasal dari variasi berdasarkan daerah - daerah di India antara lain bharatanatyam dari tamil nadu, kuchipudi dari andhra pradesh, manipuri dari India timur laut, odissi dari orissa serta kathak dari india dan pakistan. pada masa lau, tarian dilakukan untuk menceritakan sebuah cerita sambil diiringi oleh nyanyian dan musik dan dilakukan di kuil untuk menuju dewata dan bersifat religius serta temanya didasarkan pada cerita - cerita mitologi. tarian ditempatkan ke dalam posisi yang paling utama.

  • Kathakali

Kathakali adalah tarian yang berasal dari Kerala (India Selatan). Tarian ini merupakan drama musikal yang bermakna permainan cerita dan ditarikan untuk menggambarkan kemenangan kebenaran atas kesalahan. Para penari Kathakali menggunakan riasan wajah serta kostum tarian yang berwarna meriah. Ini melambangkan bahwa karakter-karakter yang dimainkan merupakan mahkluk dari dunia lain. Riasan wajah-wajah penari dapat dibedakan sebagai satvik (rupa dewa), rajasik (rupa ksatria), dan tamasik (rupa setan). Tema tari Kathakali berasal dari cerita klasik Ramayana, Mahabharata dan berbagai kisah legenda dan mitologi Hindu.
  • Mohini attam

Mohini Attam adalah tarian yang berasal dari Kerala. Tarian ini menceritakan tentang rasa cinta dan dedikasi terhadap dewa. Gerakan-gerakan dasar tarian ini adalah Adavus yang dibagi menjadi 4 bagian, Taganam, Jaganam, Dhaganam, dan Sammisram. Para penari Mohini Attam mengenakan riasan yang realistis dan kostum yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan tarian yang lain.

  • Bharatanatyam
Bharatanatyam berasal dari Tamil Nadu (India Selatan) dan telah diwariskan selama 2000 tahun melalui pengajaran dari guru tari yang disebut (nattuwanar) dan penari kuil yang disebut devadasi. Pelatihan tari ini memerlukan waktu 7 tahun di bawah bimbingan nattuwanar yang dianggap sebagai ilmuwan dan cendekiawan. Empat Nattuwanar dari Tanjore yang dinamakan Kuartet Tanjore adalah kakak beradik yang bernama Chinnaiah, Ponnaiah, Vadivelu, dan Shivanandam. Kwartet Tanjore dikenal telah mengkonstruksikan tari Bharatanatyam.
  • Kuchipudi

Kuchipudi berasal dari desa Kuchipudi di Andhra Pradesh, India Utara. Tari ini adalah sendratari yang didasarkan pada tradisi teater dan dikenal dengan nama Bhagavata Mela Natakam. Para aktor menyanyi dan menarikan tarian ini pada upacara persembahan di kuil. Tari Kuchipudi memiliki teknik yang lebih bebas dan luwes disbanding jenis tari klasik lain.
  • Manipuri
Manipuri berasal dari Manipur, India timur laut. Gerakan tari ini awalnya dinamakan jogai yang berarti gerakan melingkar. Berdasarkan teks kuno, tari ini melambangkan gerakan planet yang mengelilingi matahari. Menurut mitologi Hindu, saat Khrisna, Radha dan gopi menarikan tari Ras Leela, Shiva menjaga agar tidak seorangpun yang mengganggu tarian mereka. Parvati, permaisuri Shiva juga ingin melihat tarian ini, jadi Shiva memilih tempat yang paling indah di Manipur dan menarikan kembali tari Ras Leela. Setelah berabad-abad kemudian, pada abad ke-11, selama masa pemerintahan Raja Loyamba, pangeran Khamba dan Dinasti Khomal dan Putri Thaibi dari Dinasti Mairang menarikan kembali tari ini dan kemudian dikenal sebagai Lai-Haraoba, tarian tertua dari Manipur.
  • Odissi
Odissi adalah tarian yang berasal dari Orissa untuk memuja Krishna. Ciri khas tari ini adalah ditarikan dengan sukacita dan penuh semangat. Tarian ini penuh gerakan yang mengkonsentrasikan pada tribhang, gerakan tubuh yang terbagi atas tiga bagian, kepala, dada dan torso. Penari Odissi menceritakan tentang 8 inkarnasi dari Vishnu, yakni Dewa Krishna.
  • Kathak
 Kathak berasal dari India utara dan Pakistan dan serupa dengan tari Bharatanatyam. Kata Kathak berasal dari bahasa Sanskerta, "katha" yang bermakna cerita dan diiringi musik klasik Hindustan serta gerakan kaki yang lincah. Kathak menceritakan Radha dan Krishna dalam gaya Natwari. Pada masa kesultanan Moghul, tari ini ditarikan di istana dan maknanya menjadi kurang religius.

2). Alat musik tradisional
Setiap negara pastinya memiliki alat musik tradisional, begitu pun dengan India yang merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Hindu. Orang - Orang India sangat menikmati musik dan menarikannya dengan baik. berikut beberapa alat musik tradisional India :
  •  Bansuri
Bambu merupakan tanama yang mudah ditemui di daratan Asia, sehingga tak heran apabila banyak alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Di India sendiri, suling dikenal dengan nama bansuri menjadi alat yang hampir mendominasi komposisi musik tradisional India. Pandit Pannalal Ghosh, Hari Prasad Chauria merupakan beberapa peniup bansuri yang populer di India.
  • Tampura 
Tampura merupakan alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Fungsinya sebagai alat musik pengiring membuat para pemainnya harus teliti dan konsentrasi. Karena suara tampura sangat unik maka sentuhan dan petikannya pun harus dijaga. Harmonisasi yang dihasilkannya sanggup untuk menghipnosis penyanyi dan pendengarnya hingga larut dalam alunan musik.
  • Tabla
 Alat tradisional yang memiliki bentuk seperti gendang Sunda atau Jawa, memiliki bunyi yang unik sehingga mampu mengajak para pendengarnya untuk menari terlebih dipadukan bersama suara tampura dan sitar. Salah satu musisi tabla India yang mendunia adala Zakir Hussain dan Anoushka Shankar.
  • Sarangi
Alat ini dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan piyul layaknya biola dan cello. Sarangi merupakan alat musik yang identik dengan musik rakyat Rajasthani. Seperti gitar namun lebing cembung (memiliki tiga ruang), memiliki tiga senar melodi dan 35 senar simpatetis. Salah satu maestro sarangai adalah Ustad Sultan Khan, Ikram Khan dan Ram Narayan.
  •  Sarod
Sarod berasal dari bahasa Persia yang artinya ‘melodi’ atau ‘suara yang indah,’ keberadaanya sangat penting dalam khazanah musik Hindustan (India). Cara memainkan sarod hampir sama dengan tampura dan sitar, dipetik. Salah satu maestro sarod yang popular adalah Amjad Ali Khan dan keluarganya. Suara sarod sangat indah, dalam dan introspektif.
  • Mridangam
Alat musik ini terbuat dari sebuah batang kayu, masyarakat Hindustan mengenalnya dengan nama mridangam. Perkusi yang memiliki dua permukaan pukulan, digunakan untuk mengiringi musik melodi dalam komposisi tradisional India. Seperti halnya tabla, bisa digunakan dengan ketukan jemari, telapak tangan dan pukulan menekan ke dalam permukaan membran kulit. Namun perlu kemampuan dan ketelitian dalam tuning membran kulitnya, sehingga memiliki suara yang baik. Keberadaan instrumen mridangan sangat penting untuk mengiringi musik tradisional khas Indian bagian selatan (karnatis).
  • Dholak
Keberadaan dholak sangat penting dalam komposisi musik tradisional khusus India bagian utara. Dholak memiliki bentuk hampir sama dengan mridangam, tabla ataupun gendang, hanya saja membrannya dituning sangat kencang sehingga suaranya nyaring. Sementara kekecangan dan kedalaman membran sangat ditentukan oleh tuning yang menggunakan tali kulit sebagai tarikannya.
  • Shehnai
Alat musik tiup yang satu ini dipopularkan oleh musisi legendaris Ustad Bismillah Khan. Shehnai memiliki bentuk perpaduan antara seruling dengan trompet, namun terbuat dari kayu pilihan. Shehnai merupakan alat musik yang digunakan untuk mengiringi prosesi keagamaan, seperti pernikahan.
  • Sitar
Sitar merupakan alat musik tradisional yang mengharumkan India di khazanah musik dunia. Tentu saja hal ini dimungkinkan atas perjuangan para musisi kontemporer berdarah India, yang mencintai musik nenek moyangnya. Sebut saja Ravi Shankar, Pandit dan generasi muda seperti Anoushka Shankar, mereka memainkan Sitar dengan indah mewakili sisi kedamaian dan spiritual India. Sitar dimainkan dengan cara dipetik layaknya tampura dan sarod. Sitar merupakan alat musik tradisional yang mendominasi musik rakyat India.
  • Ghatam
Ghatam merupakan alat musik tradisional yang memberikan warna khas pada musik India bagian selatan. Bahkan beberapa sumber menyebutkan ghatam telah ada sejak zaman Ramayana, sehingga dimasukan ke dalam salah satu alat musik tradisional tertua di India. Cara memainkan ghatam hampir sama dengan tabla, dholak dan mridangam, dengan jari ataupun telapak tangan. 

2). Pakaian
  • Sari
Sari merupakan pakaian India tradisional yang cukup mudah dikenali di seluruh dunia. Sari terbuat dari lembaran kain yang dililitkan ke tubuh pemakainya yang biasanya terdiri dari lima sampai enam lembar kain. Sari terdiri dari kain yang memiliki corak dan warna yang cerah, dan pada penggunaanya kain yang memiliki sulam diletakkan di bahu sebelah kiri pemakainya. Sari juga terbuat dari kain yang sangat indah bila dipandang dan bisa menjadikan pemakainya menjadi lebih percaya diri serta terlihat lebih cantik karena sari itu sendiri terdiri dari kain yang indah.
  • Punjabi
Punjabi juga merupakan salah satu jenis pakaian India tradisional yang semakin memperkaya kebudayaan india dari segi pakaian tradisional. Punjabi sangat terkenal dikalangan kaum wanita India bagian utara dan disana banyak kaum wanita yang senang memakainya. Perbedaan antara jenis Punjabi dengan sari adalah apabila Punjabi terdiri dari baju blouse yang panjang dan dalam pemakaiannya sering kali disertakan pula kain panjang yang dikenakan ditangannya. Sedangkan sari terdiri dari beberapa kain yang dilitkan ketubuh kita dalam pemakaiannya. Pemakaian pakaian india berjenis Punjabi ini lebih mudah dibandingkan dengan jenis sari diatas.
  • Kurta
Kurta merupakan pakaian tradisional India yang dikenakan oleh kaum laki-laki India. Kurta merupakan pakaian india yang berbentuk kemeja panjang yang panjangnya biasanya sampai lutut serta terbuat dari bahan kain sutera. Untuk pakaian jenis kurta ini biasanya hanya boleh dipakai ketika pada acara-acara resmi saja seperti ritual keagamaan atau kegiatan resmi lainnya. Kurta juga bisa dipakai dengan aksesori tambahan yang disebut dhoti, dhoti adalah sejenis kain berbentuk segi empat panjang yang berukuran kira-kira lima meter dan kemudian dililitkan pada bagian pinggang dan kaki pemakainya.

3). Kebudayaan unik masayarakat India
  • Budaya Sati
Budaya Sati adalah praktik pemakaman diantara beberapa komunitas Hindu di mana seorang wanita janda baru akan secara sukarela atau dengan menggunakan kekerasan dan pemaksaan mengorbankan dirinya dibakar diatas tumpukan kayu pemakaman suaminya. Praktek ini sekarang langka dan ditinggalkan di India modern.
  • Crab Ritual
Di kota Gujarat India, pada kesempatan Makar Sankranti, ratusan pengikut Hindu berdiri dalam antrian panjang untuk menawarkan kepiting sebagai korban kepada Dewa Siwa di kuil Tuhan di pertengahan Januari. Penawaran kepiting telah menjadi ritual usia-tua dan umat percaya bahwa keinginan mereka akan terpenuhi dengan menawarkan kepiting di kuil Ramnath Shiv Ghela.
  • Burying Tradition
Tradisi Hindu yang lain dan sangat aneh adalah praktek mengubur anak cacat hidup sampai leher mereka selama enam jam saat gerhana matahari selama kurang lebih enam jam; Hindu mengatakan bahwa mereka melakukan praktek ini untuk meniadakan akibat yang buruk yang disebabkan oleh Gerhana matahari.
  •  Thaipusan
Thaipusam adalah festival yang dirayakan oleh umat Hindu Tamil selama bulan Tamil Thai (Januari – Februari), juga dirayakan oleh umat Hindu non-India yang berada di Sri Lanka-, Malaysia dan Afrika Selatan; Thaipusam didedikasikan untuk dewa Hindu Murugan, putra Siwa dan Parvati. Pada hari Thaipusam, sebagian besar umat Dewa Murugan memberinya buah-buahan dan bunga-bunga warna kuning atau oranye, warna favorit dan juga menghiasi gaun dengan warna yang sama, banyak juga umat melakukan penyiksaan tubuh mereka untuk menyenangkan Dewa agar memaafkan mereka . 
  • Strange Health Ritual
Di beberapa bagian India, tradisi ini dipraktekkan oleh para pemimpin agama hindu untuk menyembuhkan anak-anak yang menderita penyakit ringan seperti flu, demam. Setiap tahun polisi India menangkap orang-orang yang melakukan praktek ini; ini ritual yang aneh dan berbahaya yang telah dilakukan di India sekitar 500 tahun. Satu lagi misteri manusia untuk Anda.

Sekian informasi mengenai unsur - unsur budaya di India. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan. Terima kasih.        

 

You Might Also Like

0 komentar

recent posts

About me

Follow Us

Press

Like us on Facebook

Popular Posts

Flickr Images