16.19

Tari Pendet Dari Bali

Hasil gambar untuk tari pendet
Tari pendet ialah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Bali. Tarian ini sudah tidak asing lagi bagi pelancong lokal maupun manca negara.
Tari pendet sendiri merupakan sebuah pernyataan dari persembahkan yang di tuangkan dalam bentuk kesenian tari. Menjadi semakin populer karena kesenian ini sangat mudah di tarikan oleh semua orang dan tidak perlu dengan latihan yang intensif.
Menurut sejarah tarian ini dulunya diciptakan oleh  seorang Maestro yang berasal dari bali yaitu I Wayan Rindi pada Tahun 1967. Tari pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius.
Tarian ini dibawakan oleh beberapa orang remaja putri yang dalam menarikannya membawa mangkuk dari perak dimana di dalamnya diisi penuh dengan bunga. Pada akhir pementasan, bunga yang berada di dalam mangkuk perak itu nantinya akan di taburkan oleh para penari kepada para penonton sebagai ucapan selamat datang. Oleh karena itu Tari Pendet sering disebut sebagai tari penyambutan.

Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Pendet
http://kebudayaan1.blogspot.co.id/2013/06/asal-usul-sejrah-tari-pendet-dari-bali.html

You Might Also Like

0 komentar

recent posts

About me

Follow Us

Press

Like us on Facebook

Popular Posts

Flickr Images